4 Penyebab Panu Pada Punggung

4 Penyebab Panu Pada Punggung

 Timbulnya bercak-bercak putih atau panu di sebagian area kulit pasti sangat menjengkelkan, bukan? Sebab akan mengganggu penampilan dan membuat kurang prcaya diri.  Mari kenali lebih jauh mengenai panu dan apa yang membuatnya muncul.


Panu merupakan penyakit kulit yang banyak dialami oleh mereka yang bermukim di negara beriklim tropis. Dalam dunia medis, panu diketahui dengan julukan tinea versicolor atau pityriasis versicolor. Panu muncul dengan pertanda berbentuk becak berwarna putih, pink atau coklat, yang terasa gatal saat berkeringat. Bagian kulit yang sangat kerap mengalami panu ialah area punggung, dada, leher dan lengan atas.


Penyakit kulit ini bisa terdapat pada siapa saja, tidak mengenal umur ataupun jenis kemaluan. Penyebab utamanya adalah jamur tipe malassezia furfur atau pityrosporum ovale. Kulit orang, pada umumnya mempunyai sejumlah jamur. Namun saat jamur itu berkembang dan bertumbuh dengan cara berlebihan, perihal tersebut yang menimbulkan panu muncul.


Sebab diakibatkan oleh jamur, dan jamur mempunyai sifat mudah berkembang di tempat yang lembab, sebagian kebiasaan berikut ini bisa menimbulkan penyebaran jamur penyebab panu bertambah dan membuat panu terus menjadi banyak bermunculan:


1. Jarang mandi atau kurang bersih saat mandi


Anggapan kalau panu berkaitan dengan kebiasaan jarang mandi bukan seluruhnya salah. Alasannya, orang yang jarang mandi mengarah mempunyai kulit yang lebih lembab, karena keringatnya tidak sempat dibersihkan. Situasi Kulit yang lembab inilah yang membuat jamur berkembang dan menyebar, kemudian muncullah panu.


Selain itu, mandi yang kurang bersih juga bisa membuat seorang mengalami penyakit kulit ini. Semacam pada bagian punggung misalnya, kebanyakan orang mungkin tidak terlalu menaruh perhatian dan mensterilkan dengan cara intens bagian ini, karena agak susah untuk dijangkau seluruhnya. Seperti itu juga yang membuat area kulit di bagian punggung jadi area yang sangat kerap ditumbuhi panu.


2. Jarang ganti baju


Kebiasaan mengenakan ulang baju yang sudah dikenakan bisa mengakibatkan berkembangnya jamur penyebab panu. Terlebih pada pakaian yang sudah dikenakan seharian atau yang menempel langsung di kulit semacam pakaian dalam. Kemungkinan untuk bertumbuhnya jamur dan mikroorganisme lain akan bertambah.


3. Salah pilih pakaian


Kesalahan memilih pakaian di sini maksudnya merupakan pemilihan pakaian yang membuka peluang bagi jamur untuk berkembang di kulit. Pakaian dengan bahan yang tidak meresap keringat dan sangat kencang sangat tidak disarankan, sebab akan membuat badan lebih berkeringat dan tidak dapat bergerak dengan baik. Akhirnya, kulit akan menjadi lembab dan menjadi tempat yang digemari jamur penyebab panu.


4. Mengenakan produk kulit yang mengandung minyak


Dengan cara alami kulit memanglah menghasilkan minyak. Tetapi bila minyak keluar berlebihan, akan membuat kulit jadi sangat lembab dan berpotensi menjadi sarang jamur. Oleh sebab itu, pemakaian produk kulit yang mengandung minyak hendaknya dijauhi, supaya kulit tidak menjadi terlau lembab.


Baca juga:cara mencegah jerawat agar tidak muncul lagi

Tidak ada komentar untuk "4 Penyebab Panu Pada Punggung"