Manfaat dan Resiko Makan Buah Mangga Bagi Ibu Hamil

 
Manfaat dan Resiko Makan Buah Mangga Bagi Ibu Hamil

Manfaat Makan Buah Mangga disaat Hamil


Seperti macam buah yang lain, buah mangga memiliki banyak nutrisi yang bagus untuk kesehatan, termasuk untuk ibu yang sedang hamil. Nutrisi yang terdapat dalam buah mangga antara lain merupakan vitamin( A, B, dan C), asam folat, kalsium, zat besi, dan magnesium. Dengan kandungan vitamin itu, mangga mempunyai banyak manfaat bila dimakan saat hamil. Antara lain:


1. Mencegah Anemia


Isi vitamin C dan zat besi dalam mangga bisa melindungi ketersediaan jumlah darah dalam tubuh. Vitamin C di dalamnya pula bisa membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan yang dimakan ibu hamil. Alhasil, campuran vit C dan zat besi ini bisa membantu mencegah anemia pada ibu hamil.


2. Melancarkan Sistem Pencernaan


Mangga termasuk buah yang besar seratnya, sehingga bisa mencegah sembelit dan melancarkan saluran pencernaan pada ibu hamil. Serat juga bisa membuat ibu kenyang lebih lama, sehingga menghindari ibu hamil makan berlebih.


3. Menyeimbangkan Larutan Tubuh


Mangga juga kaya akan elektrolit. Kandungan inilah yang dapat menolong mencegah penyeimbang cairan pada badan, dan mengatur kerja otak, jantung, dan otot supaya tetap berfungsi maksimal.


4. Mendukung perkembangan Janin


Asam folat dalam buah mangga bisa membantu perkembangan otak dan saraf tulang belakang janin dalam kandungan. Vitamin A di dalamnya juga bisa membantu pembentukan gigi dan tulang bayi, serta perkembangan sistem tubuh( semacam: sistem mata, jantung, alat pernapasan, dan ginjal).


5. Mencegah Sakit


Mangga juga bisa mencegah sakit yang membahayakan pada ibu hamil. Ini sebabnya mangga memiliki sebagian nutrisi, semacam:


  • Antioksidan. Kandungan ini bisa membantu tubuh mencegah radikal bebas penyebab sakit, semacam kanker, jantung, hingga alzheimer.

  • Magnesium. Kandungan ini dapat menurunkan tekanan darah, sehingga dapat mengurangi resiko pre- eklampsia pada ibu hamil.

  • Vitamin B6. kandungan ini juga dapat memudahkan gejala pada ibu hamil, termasuk mual dampak morning sickness.


Resiko Makan Buah Mangga disaat Hamil


Walaupun banyak manfaat untuk tubuh, menkonsumsi buah mangga saat hamil tidak boleh berlebihan. Karena, mengkonsumsi buah mangga berlebihan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, semacam mulas dan diare. Pada perempuan yang alergi dengan mangga, buah ini juga bisa mengakibatkan reaksi alergi. Apalagi, isi gula yang besar dalam mangga juga bisa meningkatkan resiko kenaikan berat badan hamil dan resiko diabetes gestasional.


Supaya menemukan manfaat yang maksimum, yakinkan ibu melindungi kebersihan buah mangga dan kebersihan tangan saat sebelum memasak dan menkomsumsi. Mencuci buah mangga terlebih dulu, membeset kulitnya, kemudian potonglah sesuai selera. Sebisa mungkin, jauhi komsumsi daging buah mangga dengan cara langsung dari kulitnya. 


Baca juga : 6 manfaat buah mangga bagi kesehatan

Tidak ada komentar untuk "Manfaat dan Resiko Makan Buah Mangga Bagi Ibu Hamil"