Makanan yang di Sunnahkan Rasulullah SAW Saat Berbuka Puasa

Makanan yang di Sunnahkan Rasulullah SAW Saat Berbuka Puasa

Berbuka puasa merupakan perihal yang amat dinantikan oleh semua orang. Semua makanan dapat dimakan selama dalam batasan halal. Tetapi terdapat sebagian makanan yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW saat berbuka puasa supaya puasa kita terus menjadi berkah. Apa saja?


1. Kurma


Buah yang ngehits saat bulan Ramadhan ini merupakan buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Rasulullah SAW. Rasanya yang manis dapat mengembalikan kebutuhan tenaga pada tubuh kita saat berpuasa. Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengkonsumsinya sebanyak 3 buah.


2. Buah Zaitun



Zaitun mempunyai manfaat yang amat luar biasa untuk menyembuhkan bermacam berbagai penyakit. Salah satu hadits menarangkan mengenai khasiat buah zaitun untuk manusia.

Dari Abu Usaid Al- Anshari ia mengatakan Rasulullah SAW bersabda," makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”.( HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi)

Jadi dengan hadits di atas telah nyata pastinya gimana khasiat dan manfaat yang terdapat pada buah zaitun.


3. Delima


Delima ini juga serupa semacam kurma,yang memiliki khasiat segudang. Buah Delima populer dengan kandungan antioksidannya yang cukup besar sehingga amat berguna sekali pada kulit kita.

Tidak hanya itu, komsumsi buah delima dapat menghindarkan kita kepada resiko semacam penyakit kanker dan juga penyakit jantung.

Buah delima ini juga dapat meningkatkan imunitas tubuh kita agar lebih kuat menghadapi penyakit.


4. Anggur


Allah SWT berfirman dalam surah Ar- Rad bagian keempat:

Berisikan mengenai anggur dan juga pohonnya. Anggur memiliki banyak khasiat antara lain merupakan mengurangi peradangan, mencegah penyakit pikun, melancarkan peredaran darah dan mensterilkan pencernaan dari kuman berbahaya.


5. Labu



Rasulullah amat mencintai labu. Perihal ini disebabkan khasiatnya yang luar biasa semacam memberikan nutrisi yang bagus untuk badan, amat bermanfaat untuk penderita diabetes, mengendalikan nafsu makan dan juga mencegah pembentukan batu ginjal.


6. Timun


Tidak hanya menyegarkan, timun juga dapat untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi. Banyaknya khasiat inilah yang membuat Rasulullah SAW menjadikan timun sebagai makanan yang disunnahkan dan dianjurkan sekali untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Dapat dijadikan untuk cemilan,di jadikan juice atau untuk teman makan.


7. Madu


Mengkomsumsi madu setelah berbuka puasa dapat menjaga kadar gula darah dan amat bagus untuk kesehatan. Rasanya yang manis juga kerap dijadikan sebagai pengganti gula yang pasti lebih sehat.

Tidak hanya itu, saat puasa kalian dapat terhindar terkena sembelit dan diare akibat makanan yang kalian konsumsi saat berbuka ataupun sahur.


8. Susu

 s


Susu tidak hanya menjadi menu berbuka puasa Nabi Muhammad SAW, namun juga saat sahur. Dengan isi vitamin di dalam susu dapat melindungi kesegaran tubuh kalian seharian. Satu gelas susu memiliki protein dan kalsum yang amat bagus untuk kesehatan tubuh. 


Baca juga : Anjuran Rasulullah SAW ketika sahur dan berbuka puasa

Tidak ada komentar untuk "Makanan yang di Sunnahkan Rasulullah SAW Saat Berbuka Puasa"