Fungsi Tidur Siang Bagi Anak, Apa Saja?

 
Fungsi Tidur Siang Bagi Anak, Apa Saja?

Antara umur 0- 5 tahun, terjadi pengurangan frekuensi tidur siang yang berarti. Berkurangnya jam tidur siang anak mempunyai beberapa penyebab. Salah satunya, anak prasekolah cenderung menolak dibawa tidur siang sebab dikira mengganggunya bermain.

Pengurangan jam tidur siang memang umum ditemui pada kanak- kanak prasekolah. Dispekulasikan kalau perihal ini merupakan transisi menuju usia sekolah yang mengaitkan jam bangun yang lebih lama.

Oleh karena itu, pengurangan tidur siang diperkirakan menjadi salah satu penanda pematangan otak. Walaupun begitu, bukan berarti tidur siang tidak diperlukan. Faktanya, banyak manfaat tidur siang bagi anak, antara lain:


1. Tumbuh kembang Anak Lebih Optimal

Menurut penelitian yang dicoba di Harvard University, anak yang teratur tidur siang mempunyai perkembangan yang lebih maksimal, dibanding anak yang tidak sering atau sama sekali tidak tidur siang. Diperkirakan hormon perkembangan mempunyai peran dalam didapatkannya hasil penelitian ini.

Tetapi, bukan berarti anak yang cuma tidur malam akan mengalami perkembangan yang kurang baik. Riset lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat tidur siang bagi anak dalam aspek tumbuh kembang.


2. Meningkatkan Fokus dan konsentrasi Anak

Dalam suatu peneliian, anak umur sekolah yang teratur tidur siang akan lebih fokus untuk belajar dibanding anak yang tidak tidur siang. Tidak hanya itu, mereka juga akan lebih baik dalam mengerjakan pekerjaan rumah dari sekolah di malam hari.

Riset memnuktikan bahwa tidur siang dapat mempertajam otak, dengan kata lain meningkatkan konsentrasi seorang. Dengan demikian itu, perihal ini akan menimbulkan performa yang lebih baik dalam berbagai tugas.


3. Meningkatkan daya Ingat Anak

Nenurut riset yang dilakukan University of Massachusetts Amherst, manfaat tidur siang bagi anak ialah dapat meingkatkan daya ingat. Efeknya, proses belajar anak pada anak umur sekolah jadi lebih maksimal.

Ditemukan bahwa anak- anak yang tidur siang mempunyai memori tugas lebih baik. Untuk itu, tidur siang kelihatannya sangat berfungsi dalam konsolidasi anak prasekolah.


4. Mengembalikan energi anak untuk bermain dan belajar

Tidur meruakan waktu dimana sel- sel tubuh membuat kembali tenaga yang habis terpakai, dan perbaikan atas sel- sel yang rusak.

Oleh karena itu, manfaat anak tidur siang berhubungan dengan pengembalian staminanya untuk kembali bermain dan belajar di sore ataupun malam hari.


5. Memperbaiki suasana hati Anak

Menurut sebagian riset, anak yang telah tidur siang mengarah mempunyai suasana hati yang mengasyikkan dibanding anak yang belum tidur siang.

Penemuan riset juga mengatakan kalau terdapat hubungan antara tidur dan emosi. Tidur yang kurang cukup berkaitan dengan kesehatan mental yang kurang baik. Dengan demikian itu, tidur siang mampu menjadi sarana untuk regulasi emosi yang lebih baik.

Riset pada anak membagikan hasil bahwa anak- anak yang melakukan tidur siang mempunyai respon yang lebih tepat dan matur terhadap berbagai rangsangan emosi.


6. Mencegah Obesitas

Sebagian riset menerangkan bahwa anak yang tidak tidur siang mempunyai resiko lebih besar terserang kegemukan dibanding anak yang teratur tidur siang.


7. Tidur Malam yang Lebih Nyenyak

Apabila diukur secara logika, mungkin saja anak- anak yang telah tidur siang akan kesusahan untuk tidur dimalam hari. Namun faktanya, ada bukti bahwa anak yang tidur siang akan lebih gampang istirahat pada malam hari.

Anak- anak yang tidur siang dibilang mempunyai mood yang lebih baik di malam hari, sehingga lebih gampang untuk ditenangkan dan dibawa istirahat di malam hari. 


Baca juga: 5 Manfaat tidur siang bagi kesehatan

Tidak ada komentar untuk "Fungsi Tidur Siang Bagi Anak, Apa Saja?"