7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma

7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma

Buah yang berasal dari Timur Tengah yang beriklim tropis dan padang pasir ini mempunyai banyak jenis, di antara lain Safawi yang manis dan berdaging, Khudris yang tidak datar tetapi elastis, dan Medjool yang basah ataupun yang biasa dibilang ratu kurma.

Buah enak ini biasa dihidangkan saat berbuka puasa sebab kandungan karbohidratnya yang besar, sehinga dapat mengembalikan tenaga dan membantu memperbarui asupan karbohidrat dan menekan kemauan mengonsumsi makanan yang mengandung gula. Berikut sebagian manfaat buah yang kaya akan asam amino, vit A, B dan C, dan banyak mineral tersebut


1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Riset membuktikan kalau kurma mempunyai efek merangsang pada sistem kekebalan tubuh. Efek kurma ini berhubungan dengan kandungan beta- glukannya, yaitu polisakarida, jenis karbohidrat yang lebih bagus dan lebih kompleks yang dianjurkan oleh para dokter untuk dikonsumsi. 

Selain itu, kurma juga mengandung jumlah besar senyawa fenolik dan karotenoid( keduanya yang mempunyai sifat melawan kanker) dan vitamin, yang semuanya dianggap berfungsi dalam mendukung sistem kekebalan tubuh berkat efek antimikroba dan sifat antioksidannya.


2. Sumber tenaga dan meningkatkan fungsi sistem saraf


Kurma, yang memiliki kandungan B1, vitamin B2, dan niasin( B3) tingkat sedang, dan vit B6, membantu kita penuhi kebutuhan vit B kita setiap hari. Vitamin B yang disebutkan di atas ikut serta dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, yaitu memperoleh energi dari nutrisi ini. 

Kurma juga berfungsi dalam fungsi sistem saraf yang sehat. Saat kekurangan vitamin ini, kemungkinan besar badan Kita akan mengeluh mengenai fluktuasi dan penurunan energi, kelelahan dan permasalahan konsentrasi.


3. Membantu merasa kenyang lebih lama


Kurma merupakan buah- buahan yang banyak serat makanan larut, terutama pektin. Serat- serat ini menarik air, tingkatkan fluiditas isi alat pencernaan, karena itu memperpanjang waktu yang dihabiskannya di dalam pencernaan dan memberikan rasa kenyang.

Dengan mengkonsumsi buah kurma, kalian akan mempunyai kontrol lebih besar terhadap nafsu makan dan kenyang lebih lama,” 


4. Baik untuk kesehatan jantung


Kurma diketahui sebagai sumber kalium yang sangat bagus, mineral penting yang bertanggung jawab untuk menjaga kesimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. 

Kalium ikut serta dalam memastikan konduksi saraf, mengatur denyut nadi serta tekanan darah kita. 

Riset mengungkapkan, kalau diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung dan kurangi resiko stroke.


5. Mencegah penyakit mata sebab usia


Kurma juga memiliki senyawa yang membantu menghentikan perkembangan penyakit mata sebab usia. Riset sudah membuktikan, kalau kurma merupakan sumber kuat zeaxanthin dan lutein, yang merupakan jenis karotenoid yang terdapat di jaringan mata dan mempunyai sifat antioksidan. 

Oleh sebab itu, senyawa- senyawa ini dianggap berfungsi dalam mencegah perkembangan katarak dan degradasi makula( makula: bagian tengah retina) pada orang lanjut usia.


6. Mencegah sembelit


Makanan seperti kurma dengan serat tinggi memiliki peran penting dalam diet sehat. Supaya seluruhnya berjalan mudah, ahli diet menyarankan untuk mengonsumsi paling tidak 20 sampai 30 gr serat dalam sehari. 

Riset sudah menunjukkan, bahwa meningkatkan asupan serat dapat meningkatkan daya muat feses dan mempercepat waktu transit usus, sehingga dapat membantu mencegah sembelit yang menyeramkan. 

Di bulan Ramadhan, kalian dapat menggunakan kandungan serat kurma yang banyak untuk membantu pencernaan dan menghindari sembelit, yang merupakan efek samping sebab kurangnya mengkonsumsi makanan dan air selama berpuasa.


7. Mengurangi mengkonsumsi gula


Setelah lama kelaparan saat berpuasa, tubuh kita mengarahkan kita ke sumber- sumber dengan karbohidrat tinggi, yaitu makanan manis, sehingga gula darah kita bisa dengan cepat kembali ke tingkat yang normal.

Dengan rasa yang khas dan rasa manis yang banyak, kurma dapat jadi opsi yang bagus untuk seluruh keinginan pencuci mulut.

Konsumsilah buah kurma tidak hanya di bulan Ramadhan tetapi juga sepanjang tahun, baik segar maupun kering


                   Makanan yang disunnahkan saat berbuka puasa

Tidak ada komentar untuk "7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Kurma"