3 Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Puasa

3 Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Puasa

Puasa bukanlah halangan bagi Kamu untuk senantiasa berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh. Olahraga saat puasa dapat jadi peluang untuk lebih banyak membakar kalori sehingga Kamu dapat menurunkan berat badan lebih cepat. Namun, cermati intensitas dan waktu olahraga saat puasa supaya kegiatan ini tidak mengganggu kondisi tubuh Kamu.

Kapan waktu terbaik berolahraga saat puasa ?

Kamu harus pintar- pintar mencari waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadan. Memilih waktu yang tepat untuk olahraga di bulan Ramadan sebenarnya tergantung pada diri Kamu sendiri. Selama Kamu tidak merasa lelah dan pusing setelah melakukannya, perihal ini tidak menjadi masalahan.


Nah, beberapa pilihan waktu sangat bagus untuk Kamu untuk melaksanakan olahraga saat puasa antara lain sebagai berikut ini.


1. Olahraga sehabis sahur


Sebenarnya, Kamu juga dapat memilih waktu olahraga saat puasa sehabis sahur. Pada waktu ini, tubuh sudah menerima tenaga dari makanan yang Kamu makan saat sahur. Sehingga Kamu dapat melakukan olahraga dengan tenaga lebih banyak.


Cukup lakukan olahraga intensitas ringan sehabis sahur. Alasannya, Kamu harus sediakan tenaga untuk melakukan kegiatan seharian sampai waktu buka puasa, sehingga lebih bagus janganlah berolahraga berlebihan pada waktu ini. Walaupun begitu, olahraga sehabis sahur berguna untuk menjaga kesegaran tubuh saat puasa.


Terdapat beberapa tips olahraga saat berpuasa yang perlu Kamu cermati, salah satunya memilih olahraga kardio ringan, semacam berjalan, jogging, atau bersepeda. Tidak dianjurkan mencoba intensitas olahraga tinggi sebab badan Kamu bisa jadi belum sanggup melakukannya.


Kamu perlu mengatur asupan makanan saat berolahraga selama berpuasa di bulan Ramadan. Memperbanyak mengkonsumsi karbohidrat dan protein untuk menyediakan cukup energi, selain itu lebih banyak minum air pada malam hari untuk mencegah dehidrasi.


Berolahraga saat berpuasa memanglah lebih beresiko. segera hentikan latihan atau kegiatan bila merasakan pusing, mual, nyeri dada, dan kesusahan bernapas. Apabila mempunyai permasalahan kesehatan, hendaknya konsultasi ke dokter saat sebelum Kamu melakukan kegiatan atau latihan.


2. Olahraga sebelum berbuka puasa


Kamu dapat melakukan olahraga  sesaat sebelum Kamu berbuka untuk membakar lemak lebih banyak. Pasti, perihal ini menguntungkan untuk Kamu yang ingin menurunkan berat badan Kamu saat puasa Ramadan. Melakukan olahraga dalam situasi perut kosong dapat menolong Kamu melenyapkan lemak lebih banyak.


Setelah berolahraga dan menggunakan sisa tenaga, kemudian Kamu dapat makan saat buka puasa untuk menggantikan tenaga yang hilang. Sehingga waktu olahraga saat sebelum berbuka mungkin merupakan waktu olahraga yang sangat bagus dan tepat. Kamu mungkin tidak perlu takut juga akan mengalami gula darah rendah atau dehidrasi.


Tetapi ingat, janganlah memaksa untuk melakukan olahraga yang berlebihan. Pilihan waktu ini masih dalam kondisi berpuasa dengan sisa tenaga yang sedikit, sehingga Kamu masih perlu membatasi kegiatan olahraga. Umumnya Kamu tidak boleh berolahraga lebih dari 60 menit. Perhatikan juga, jangan sampai Kamu merasa sakit, lemas, dan pusing sehabis berolahraga.


3. Olahraga sehabis buka puasa


pilihan ini merupakan waktu terbaik untuk Kamu berolahraga di bulan Ramadan. Kamu dapat melakukan olahraga paling tidak 2 hingga 3 jam sehabis berbuka. Tunggu hingga badan sanggup mencerna makanan, sehingga Kamu dapat memperoleh tenaga lagi untuk berolahraga.


Disebabkan sesudah makan dan mengisi tubuh dengan energi, Kamu dapat melakukan olahraga apapun yang Kamu mau. Tidak hanya itu Kamu juga tidak perlu khawatir untuk menambah asupan makanan, baik saat sebelum ataupun sesudah latihan.


Mulai dari olahraga intensitas ringan sampai berat, termasuk latihan kekuatan yang membantu tingkatkan massa otot. Bila Kamu hendak shalat tarawih berjamaah di masjid, Kamu dapat menyisipkan latihan ringan selama 5 hingga 10 menit 


Baca juga : Makanan yang disunnahkan saat berbuka puasa

Tidak ada komentar untuk "3 Waktu Terbaik untuk Berolahraga Saat Puasa"